Transformasi Metode Penilaian Pendidikan Modern
MA Darul Hidayah kembali membuktikan komitmennya dalam mengembangkan sistem pendidikan berkualitas melalui pelaksanaan Asesmen Sumatif Akhir Semester menggunakan Computer Based Test (CBT). Kegiatan yang dipimpin langsung oleh Kepala Sekolah Ahmad Daniyal Farius, S.Pd.I dan diawasi oleh Pengawas Madrasah H. Askhab, S.Ag., M.Pd.I ini menandakan langkah signifikan dalam modernisasi sistem penilaian akademik.
Keunggulan Sistem Computer Based Test
Penggunaan CBT memberikan sejumlah keuntungan strategis dalam proses penilaian:
1. Akurasi Penilaian: Sistem komputer meminimalisir kesalahan penilaian manual, menghasilkan hasil yang lebih presisi.
2. Efisiensi Waktu: Proses penilaian berlangsung cepat dan sistematis, menghemat waktu guru dan siswa.
3. Objektifitas: Mengurangi potensi subjektivitas dalam penilaian akademik.
Persiapan dan Pelaksanaan
Madrasah telah mempersiapkan infrastruktur teknologi dengan matang. Laboratorium komputer diperlengkapi dengan perangkat yang memadai, memastikan kelancaran pelaksanaan asesmen. Seluruh siswa mengikuti tes dengan tertib dan antusias, menunjukkan adaptasi positif terhadap teknologi pendidikan modern.
Komitmen Pimpinan
Ahmad Daniyal Farius selaku Kepala Madrasah menekankan pentingnya inovasi dalam pendidikan. “Kami tidak sekadar mengikuti perkembangan, tetapi ingin menjadi pioneer dalam mengimplementasikan teknologi pendidikan,” ungkapnya.
Pengawas Madrasah H. Askhab, S.Ag., M.Pd.I turut memberikan apresiasi terhadap upaya pengembangan sistem penilaian ini. Menurutnya, CBT bukan sekadar alat teknologi, melainkan strategi untuk meningkatkan mutu pendidikan.
Dampak dan Harapan
Implementasi CBT diharapkan dapat:
– Meningkatkan kualitas penilaian akademik
– Mempersiapkan siswa dalam menghadapi era digital
– Mendorong guru untuk terus berinovasi
Penutup
MA Darul Hidayah membuktikan bahwa pendidikan berkualitas lahir dari semangat inovasi dan komitmen berkelanjutan. Pelaksanaan Asesmen Sumatif berbasis CBT ini bukan sekadar momen, melainkan babak baru dalam perjalanan transformasi pendidikan di lembaga ini.
Dengan langkah ini, MA Darul Hidayah semakin mempertegas posisinya sebagai lembaga pendidikan yang responsif, modern, dan berkualitas.
Artikel ini dipublikasikan pada [12 Desember 2024]
Penulis: Tim Media MA Darul Hidayah